Danau Weekuri, Laguna Tersembunyi di Sumba

29
DCIM/PANORAMA/100_0726/DJI

sironline.id, Sumba – Sumba menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karena keindahan alam yang indah dan mempesona. Jika berlibur ke sini, Anda diwajibkan mengunjungi Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang kedalaman danau bisa mencapai 5 meter. Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Itu karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tersendiri. Danau Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Karena kadar garamnya tinggi, Anda bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampungUniknya lagi, Anda bisa mengapung dalam waktu yang cukup lama. Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, uniknya lagi di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif, yaitu ada yang berwarna biru cerah, biru sedikit kehijau-hijauan bahkan ada yang rasanya hangat dan ada yang dingin. Keunikannya sangat jarang ditemukan pada danau-danau lainnya di Indonesia.

Untuk menuju ke danau ini, Anda bisa berangkat dari, Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya), pengunjung dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan bermotor baik motor/ mobil di Tambolaka atau Waikabubak. Berjarak sekitar 60 km dari Tambolaka, akses untuk menuju lokasi ini masih terbilang cukup sulit karena belum terdapatnya transportasi umum dan lokasinya yang berada jauh dari perkotaan. Tak ada satupun petunjuk jalan menuju ke lokasi sehingga pengunjung harus sering-sering bertanya dengan penduduk setempat keberadaan lokasi danau ini. Kondisi jalan menuju ke lokasi danau bervariatif, beberapa titik sudah beraspal halus namun ada sebagian titik yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah.

Di tengah perjalanan menuju Weekuri, di kiri jalan Anda akan melihat sebuah resort milik warga negara Perancis yang mengelola Pantai Mandorak, salah satu pantai di wilayah Kodi. Tak jauh dari situ, Anda akan memasuki kawasan Danau Weekuri yang ditandai dengan adanya pos penjaga. Ada beberapa penduduk lokal setempat yang menjaga pos tersebut dan pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seikhlasnya saja untuk menikmati danau indah ini. Selanjutnya dari pos jaga tersebut, pengunjung masih harus berjalan sekitar 20 meter untuk menuju lokasi danau. Selain dapat menikmati keindahan Danau Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian.

Hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat mengikuti bunyi deru ombak, pengunjung dapat menaiki bukit karang yang menjorok ke lautan lepas. Ketika meniti bebatuan karang ini, pengunjung harus ekstra berhati-hati karena bebatuan karang ini sangat lancip dan tajam. Dari atas puncak bukit karang ini, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda. Jauh lebih indah jika menikmati panorama keindahan Danau Weekuri dari atas bukit karang ini. Lautan biru dengan ombaknya yang menghantam gugusan karang yang mengelilingi danau ini akan membuat pengunjung berdecak kagum. Danau Weekuri pun terlihat seperti kolam biru apabila dilihat dari ketinggian. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri adalah jam 4 sore hari. Pada sore hari matahari mulai condong ke barat sehingga langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke danau, selain itu juga pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dari atas puncak bukit karang ini. Tak ada fasilitas penunjang apapapun di kawasan danau seperti warung makan, toilet atau bahkan penginapan. Sebaiknya pengunjung berbekal makanan dan minuman ringan sebelumnya, sehingga dapat disantap sambil menikmati keindahan Danau Weekuri. (maa)