Surga Tersembunyi di Pulau Padar

7

sironline.id, Flores –  Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Letak Pulau Padar cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah. Pulau Padar menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi selama berkunjug di Nusa Tenggara Timur.

Pulau Padar diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Meskipun berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun Pulau Padar tidak dihuni oleh komodo dikarenakan rantai makanan yang terputus.

Di Pulau Padar juga terdapat hamparan pink beach yang sangat cocok digunakan untuk sekedar berenang, bermain air ataupun ber-snorkeling ria.

Pengunjung juga dapat menaiki bukit yang berada di Pulau Padar untuk menikmati keindahan panorama dari atas. Biru laut dan jajaran pulau di sekitarnya akan menghipnotis pengunjung. Meskipun trekking menuju bukit tertinggi akan terasa sangat melelahkan, namun pengunjung akan disuguhkan panorama perbukitan dan pemandangan yang sangat cantik dan mengabadikan momen akan menjadi kegiatan yang tak ada bosannya selama perjalanan trekking. Untuk mencapai puncak tersebut, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Anda disarankan untuk menggunakan sepatu atau sendal gunung, karena medan yang dilewati adalah perpaduan tangga dan juga bebatuan. Bagi Anda yang jarang berolah raga, sebaiknya membiasakan olah raga terlebih dahulu jauh hari sebelum keberangkatan karena tantangannya cukup ekstrem.

Suhu udara pagi di Pulau Padar yang berkisar antara 18-20 derajat celcius berpadu dengan cuitan burung-burung gagak yang melayang menjadi teman perjalananmu menikmati keindahan Pulau Padar dari puncak.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo, cobalah singgah sejenak di pulau ini, ketenangan dan keelokannya akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau ini. (yoga)