Cicipi Sambel Ijo Donburi di Finch Coffee & Kitchen

133

sironline.id, Bogor – Menjelang akhir pekan yang akan bertepatan dengan liburan panjang, yaitu hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus 2019, Anda dapat menigisi waktu luang bersama keluarga dengan dengan acara-acara menarik seperti misalnya pergi berwisata kuliner bersama keluarga ke kota Bogor. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta, membuat Bogor menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi dan dapat melepas penat sesaat dari kesibukan sehari-hari di ibukota Jakarta. Kota Bogor atau lebih tepatnya Sentul City adalah sebuah kawasan “kota pegunungan” yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor, dan memiliki keistimewaan udaranya yang sejuk dengan aneka kuliner yang tak kalah menggoda. Tidak hanya wilayah yang asri dan hijau, Sentul City pun menyediakan aneka destinasi restoran yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya ada di restoran Finch Coffee & Kitchen.

Restoran satu ini terbilang unik, meski baru dibuka pada bulan Januari 2018 lalu, kafe bergaya eco urban ini memang tengah ramai diperbincangkan. Disain interior yang digunakan mengadopsi gaya berupa country house yang terdiri dari dua lantai dan identic dengan penggunaan batu bata merah disetiap dindingnya, di bagian luar restoran dihiasi dengan aneka tanaman rambat yang menciptakan kesan teduh dan hijau, selaras dengan suasana di sekitar Taman Budaya.  Memasuki bagian dalam ruangan, suasana eco modern semakin terasa. Tiap sisi dindingnya diberi jendela berukuran besar, membuat kita leluasa memandang pemandangan yang pepohonan rindang dari dalam kafe.  Sinar mentari pun bisa masuk ke dalam ruangan, dan memberikan pencahayaan alami kedalam ruang makan restoran. Kalau ingin bersantai sambil menikmati semilir angin sore, pengunjung juga bisa memilih area balkon yang ada di lantai dua dan lantai satu.

Restoran ini menyajikan hidangan Asia dan Western. Untuk menu Asia, salah satu makanan andalannya adalah sambel ijo donburi. Menu ini memadukan makanan Jepang dengan kuliner lokal, yang terdiri dari potongan daging sirloin dan disajikan di atas nasi putih serta scrambled egg. Tak lupa, bubuhan sambal ijo sebagai saus pelengkap. Daging sirloin tersebut dimarinasi dengan garam dan merica, lalu ditumis bersama bawang bombay. Bumbu utamanya, ada pada sambal ijonya. Potongan dagingnya cukup besar, dan teksturnya pun juicy, membuat teksturnya lembut dan mudah dikunyah. Bumbu yang digunakan pun tak terlalu sangat sederhana, serta penggunaan sambal ijonya yang tak pedas sama sekali. Namun scrambled egg-nya sangat lembut dan menurut saya terlalu milky, yang memberikan kompleksitas tekstur dalam sepiring hidangan donburi. Lalu untuk menu recommended lainnya adalah hidangan seperti pasta dan juga burger yang dapat menjadi alternative menu bagi Anda yang lebih menyukai makanan ala Western.

Untuk sekadar bersantai, Finch Coffee & Kitchen bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin ‘escape’ sejenak dari hiruk pikuk keramaian. Tidak hanya menu makanan, sesuai dengan Namanya Finch pun menyediakan aneka minuman kopi yang menjadi signature dari restoran ini. Beberapa kopi yang menarik untuk Anda coba diantaranya adalah, double espresso, long black, flat white serta piccolo untuk Anda yang menyukai cita rasa kopi yang kuat dan bagi Anda yang ingin minuman kopi yang lebih manis dapat mencoba menu seperti avocado coffee, iced finch latte yang disajikan dengan vanilla ice cream, serta iced Nutella coffee sebagai menu alternative yang dapat Anda coba. (maa)