Umbul Sidomukti, Wisata Primadona Semarang

87

sironline.id, Semarang – Umbul Sidomukti merupakan destinasi wisata alam pegunungan yang menawarkan konsep berwisata sekaligus menguji jiwa adventure kalian. Obyek wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

Akses menuju destinasi wisata ini cukup mudah, karena banyak petunjuk arah di sepanjang jalan. Dari Semarang menuju ke arah Solo hingga bertemu dengan SPBU Lemah Abang di kiri jalan. SPBU tersebut berhadapan langsung dengan pertigaan Bandungan. Kemudian ambil jalan ke kanan yang menuju Bandungan, hingga sampai di Pasar Jimbaran.

Di sisi kiri jalan, terdapat sebuah jalan menanjak menuju Umbul Sidomukti. Jika merasa bingung, bisa bertanya kepada penduduk setempat. Tentunya mereka mengetahui, karena Umbul Sidomukti merupakan salah satu primadona wisata alam di wilayah Semarang dan sekitarnya.

Umbul Sidomukti menyajikan paket wisata alam yang lengkap. Mulai dari kolam renang bertingkat, camping ground, pondok wisata, ATV, wisata berkuda, dan sederet aktifitas wisata adventural lain. Jika tidak membawa bekal makanan, Anda  enggak perlu khawatir! Karena terdapat Pondok Lesehan dengan beragam menu, dan kios-kios yang menjual aneka makanan ringan.

Pengelola juga menyediakan tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Mengingat kondisi jalan berliku-liku, menanjak, dan cukup sempit, hanya kendaraan dalam kondisi prima yang dapat melalui jalur ini. Elf atau bus mini, merupakan kendaraan berpenumpang banyak, yang masih bisa mencapai lokasi.

Konsep kolam renang bertingkat serta susunan bebatuan alam yang menghiasi dinding dan lantai kolam, memberikan sentuhan artistik yang indah. Fakta menarik lainnya  adalah letak kolam renang yang berada di ketinggian 1.200 mdpl yang menjadikannya sebagai kolam renang tertinggi di Jawa Tengah.

Berendam dalam air kolam yang dingin sambil memandang gugusan perbukitan dan lembah yang menghijau, membuat badan dan pikiran menjadi segar kembali. Air kolam yang digunakan berasal dari sebuah sumber air alami yang berada di Gunung Ungaran.

Wahana ekstrem yang memacu adrenalin, diantaranya adalah flying foxmarine bridge, ATV, rappelling, dan sebuah wahana perpaduan tiga tantangan (highest triangle). Pengunjung bisa memulai dengan mencoba wahana flying fox yang berketinggian 70 meter, dan panjang lintasan 110 meter. Meluncur dari bukit satu ke bukit yang lain, dengan bergantungan pada seutas tali kernmantle. Wahana ini pun disebut-sebut sebagai wahana flying fox tertinggi di Indonesia.

Selanjutnya adalah wahana marine bridge, yakni meniti jembatan jaring di atas ketinggian. Jika ingin melakukan tantangan ini, diperlukan tenaga cukup besar untuk melangkah, dan menahan angin yang cukup kuat menerpa tubuh.

Jika pengunjung ingin menikmati destinasi super keren ini, Umbul Sidomukti buka pada jam 08.00 WIB-17.00 WIB pada hari Senin-Jumat, dan jam 07.00 WIB-17.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. (ph)