Mitshubishi Perkenalkan 2 Model SUV Terbaiknya

16
Mitsubishi Eclipse Cross

sironline.id, Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), resmi memperkenalkan varian kendaraan terbaru yaitu Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV. Kedua model ini hadir menjawab semua rumors yang sebelumnya banyak beredar di media sosial. Kedua model baru Mitsubishi ini pun telah diperkenalkan  secara resmi di ajang GIIAS pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD, Tangerang. Model ini juga merupakan suatu komitmen Mitsubishi untuk berkontribusi dalam menghadirkan teknologi terdepan di industri otomotif.

“Indonesia merupakan pasar otomotif yang sangat potensial, namun Mitsubishi Motors melihatnya lebih dari itu. Kami tidak ingin hanya membawa produk saja namun ingin berkomitmen dan berkontribusi menghadirkan teknologi terdepan untuk menunjang mobilitas dan meningkat kualitas hidup menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,” ujar Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura.

Mitsubishi Eclipse Cross 

Mitsubishi Eclipse Cross hadir sebagai model Compact SUV yang memiliki garis desain stylish dan dinamis. Wajah depan mobil ini memang memiliki bahasa desain yang serupa dengan Xpander, Pajero Sport, maupun New Triton yangdi perkenalkan pekan lalu. Eclipse Cross semakin menarik dengan desain yang hadir bergaya coupé yang menjadikan kaca belakang seperti terbagi dua dirancang khusus tanpa mengurangi visibilitas pengendara. Power Panoramic Sunroof juga disematkan untuk melengkapi desain stylish dari Eclipse Cross dengan double sunroof yang dapat terbuka keluar untuk membuka atmosfer penggunanya dan meninggalkan kesan kabin menjadi lebih luas. Sementara untuk interiornya, Eclipse Cross didesain untuk memberikan kenyaman bagi pengemudi maupun penumpang dengan tempat duduk yang di cover dengan genuine leather berwarna hitam.

Eclipse Cross menggunakan mesin berbahan bakar bensin 1.5L yang dilengkapi dengan Turbocharged, menjadikan torsi lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah ditambah teknologi baru yang memungkinkan akselerasi yang lebih cepat. Performanya didukung oleh direct fuel injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Mitsubishi memasang transmisi INVECS-III CVT yang mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

Mitshubishi Eclipse Cross

Tak hanya itu, Mitsubishi Eclipse Cross dilengkapi oleh “Advance Safety Feature” diantaranya ialah fitur 7 SRS Airbags untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan juga fitur Forward Collision Mitigation System [FCM] yang mampu mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser, serta berbagai fitur keamanan lainnya. Eclipse Cross dilengkapi dengan system keamanan canggih yang telah teruji dibuktikan dengan diraihnya skor Keamanan Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018.

Irwan Kuncoro, selaku Sales and Marketing Director PT MMKSI mengatakan Eclipse Cross merupakan model baru menambah jajaran SUV yang dimiliki MMKSI, Eclipse Cross akan berada di antara Outlander Sport dan Pajero Sport yang sudah lebih dulu dijual.  Spesifikasi lengkap dan harga memang belum diumumkan MMKSI. Namun dipastikan jika Eclipse Cross ini dijual kurang dari Rp 500 juta. Dengan kata lain, Eclipse Cross berada di antara Outlander Sport dan Pajero Sport. Sebagai perbandingan harga, Outlander Sport dijual di rentang harga antara Rp 338 juta sampai Rp 388,5 juta. Sementara Pajero Sport dijual mulai Rp 481,5 juta sampai varian termahal yang dibanderol Rp 692 juta.

New Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Selain Elipse Cross, Mitsubishi pun meluncurkan varian lain yaitu New Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Mobil berteknologi canggih ini siap dipasarkan pekan depan dan dibanderol antara Rp 1,2 hingga Rp 1,3 miliar. Langkah ini termasuk berani mengingat infrastruktur terkait mobil listrik seperti baterai ataupun charging station di Indonesia belum terlalu siap. Outlander PHEV resmi diperkenalkan secara global di tahun 2013 dan telah dipasarkan di lebih dari 50 negara di dunia. Hadir dengan teknologi plug-in hybrid – yang merupakan perpaduan mesin gasoline 2,4 L, motor dan juga baterai. Teknologi yang digunakan pada kendaraan ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Hal utama yang menjadi andalan pada teknologi ini yaitu sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Mitsubishi Outlander PHEV

“Demi mendukung dan mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik, Mitsubishi Motors menghadirkan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) untuk mengubah mobilitas masyarakat yang penuh polusi menjadi aktivitas yang lebih bersahabat untuk lingkungan,” ungkap Nakamura.

Ada 3 mode mode berkendara di Outlander PHEV yaitu EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga. Sedangkan, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 (dua) mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak. Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

Dengan instalasi khusus, kendaraan ini dapat diisi ulang dengan tenaga listrik yang tersedia di rumah para pengguna. Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, namun kendaraan ini juga dapat menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya. Tak hanya itu, New Outlander PHEV dilengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan dan keamanan diantaranya tombol EV Switch, tombol Charge & Save, serta ragam fitur lainnya. Mobil ini mengimplementasikan body kendaraan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced driver-assistant system (ADAS) dari Mitsubishi Motors yang terdiri 7 (tujuh) SRS airbag, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation system) dan BSW (Blind Spot Warning).